Sunday, July 30, 2017

Ubah sampah plastik menjadi cantik


Data terbaru mengenai sampah sangat mencengangkan. Indonesia menghasilkan 100 Milyar sampah kantong plastik. Ngeri bukan? Angka tersebut berarti sama saja menghabiskan 12 juta barel minyak bumi karena plastik diproduksi dari biji plastik yang berasal minyak bumi. Total kerugian untuk masyarakat Indonesia sendiri dalam setahun apabila menggunakan plastik lalu tidak dimanfaatkan adalah sekitar jatuh di angka Rp. 11 rilyun rupiah.
Salah seorang pengamat dan pegiat pemerhati sampah, Kang Ridho dari Rumah Sampah Berbasis Sekolah (RSBS) berasumsi hal ini disebabkan bahwa fenomena tersebut muncul akibat gagalnya pendidikan di sekolah sekolah. Dari dulu anak-anak tidak diajarkan untuk bertanggung jawab mengenai sampah yang dia punya. Gunakan dan buang adalah hal yang terbiasa, bahkan membuangnya lebih parah lagi, bisa merusak ekosistem lain. Kolam, sungai, halaman dan lingkungan biasanya menjadi tempat empuk untuk membuang sampah.
Solusi terbaik kata beliau adalah diet sampah plastik dari sekarang. Gunakan benda lain yang sekiranya bisa mengganti peranan plastik. Contoh kalau membeli juice,lebih baik jangan memakai sedotan plastiknya, cukup dituang di gelas dan langsung di minum.
Solusi yang bersifat edukatif di sekolah juga bisa dilakukan dengan cara menarik. Anak-anak diharuskan mempunyai dan membawa sisa kemasan air minum yang sama merk dagannya.


https://www.google.com/search
Setelah itu tersedia, anak-anak harus memberi nama sendiri kemasan air minum kosong yang dibawanya. Kenapa hal tersebut dilakukan? supaya ketahuan siapa yang bertanggungjawab dan yang memang belum muncul tanggungjawabnya. 
Selanjutnya, setiap mereka jajan atau beli makanan yang memakai plastik di lingkungan sekolah, samapahnya tidak boleh dibuang kemana-mana. Mereka harus menyimpan sampah tersebut di botol kemasan masing masing tersebut. Sedikan juga alat penekan yang bisa memasukan  sampah ke botol, bisa kayu atau bambu.
Isi kemasan dengan plastik yang sudah tidak digunakan sebanyak-banyaknya. Kalau terlihat belum padat, bisa menekan lagi dengan alat penekan yang dibuat. Hasilnya kurang lebih akan seperti begini:
Setelah terkumpul banyak dan isinya padat sampai ke atas, kumpulkan semua kemasan sampah di sisa botol air minum tersebut dan kemudian diikat dengan kuat. Hasilnya bisa digunakan untuk tempat duduk karena itu cukup kuat. Buktikan sendiri ya!! It works :))
Pemaparan langkah-langkah membuat sampah plastik menjadi cantik menjawab kenapa sisa kemasan botol air minumnya harus sama, karena volume dan tingginya sama juga. Kalau berbeda, nanti karya tempat duduknya tidak sama tinggi dan tidak enak untuk dipakai.
Trik ini tidak hanya bisa dilakukan di sekolah, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan bimbingan orang tua. Motto yang harus selalu di pahamkan ke anak-anak adalah "My rubbish, My responsibility"

Hormati sampah dengan bijak karena di negara lain, seperti Jepang, orang ngeprint satu kertas salah saja itu bisa dikenakan hukuman kerja, karena dia berarti  memboroskan sumber daya alam negara tersebut. Sedangkan di Indonesia, mahasiswa kita sangat konsumtif sekali akan kertas. Mereka mengeprint kata-kata yang tidak perlu. Itu artinya sama saja mereka menebang pohon asal kertas tersebut secara tidak langsung.

RUDI PERMADI

redaksi

Isi dalam blog ini semoga bermanfaat dan berkontribusi dalam ranah charity,edukasi, history,Informasi, Promosi, Rekreasi, Religi. Koreksi dan evaluasi sangat dinanti untuk kualitas tinggi.

0 komentar:

Post a Comment