Monday, August 7, 2017

Bule cantik Jerman menguasai lima bahasa, bagaimana bisa?




Foto itu diambil tepatnya di Pantai timur Pangandaran Kabupaten Pangandaran Jawa Barat beberapa tahun yang lalu. Tapi saya ingat ketika itu bulan Ramadhan.
Di samping saya ada bule yang cantik tenan. Saya lupa namanya, saking cantiknya mungkin ...wkwkw. Saya dulu ditugaskan untuk mendampingi dia keliling keliling objek wisata daerah Pangandaran. Green Canyon, Pantai Pangandaran, dan Karang Nini menjadi bidikan kami.
Berperawakan langsing, tinggi, punya senyum menawan, dan enak di ajak berbicara khusus Inggris Jerman, membuat perjalanan tidak terasa kesal dan bosan.
Tapi bukan hal penampilan istimewa yang menjadi bahan berpikir saya. Di tengah perjalanan pulang, kami sempat makan dan sambil bincang bincang tentunya. Doi ternyata mampu menguasai lima bahasa, Jerman, Perancis, Inggris, Spanyol dan Belanda. Saya kaget juga mendengarnya. Kenapa bisa seperti itu.

Akhirnya saya tanya, how can you master all languages mentioned? intinya saya menanyakan bagaimana caranya bray.
Bray semuanya, jawaban dia cukup mengejutkan dan mencengangkan. Ternyata dia terinpsirasi menjadi pegiat sosial NGO (non government organization. baca ormas), jadi dia harus menguasai minimal tiga bahasa selain bahasa ibunya.
Dia belajar tidak melalui universitas, atau program studi bahasa. Dia hanya kursus saja. kursus dan kursus saja selama 6 bulan satu bahasa. Tetapi kursus tersebut intensif bray. Selama 6 bulan, sebelum dia masuk kelas, dia harus membuat dulu semacam karangan atau essay dengan menggunakan bahasa yang sedang di pelajarinya. Ketika dia sedang belajar bahasa Spanyol, dia sebelum masuk kelas diharuskan dulu membuat essay dengan menggunakan bahasa spanyol. Kemudian di presentasikan di depan guru dan  teman-teman kursusnya. Lalu ada sesi tanya jawab setelah seseorang mempresentasikan tulisannya.
Begitu juga ketika dia belajar bahasa lainnya, Perancis misal, dia selalu melek setiap malam membuat tulisan dan paginya di presentasikan. Itu terbukti kata dia.
Mau mencoba bray? silahkan coba, mungkin Anda akan lebih bisa menguasai 7 bahasa misalnya.

RUDI PERMADI

redaksi

Isi dalam blog ini semoga bermanfaat dan berkontribusi dalam ranah charity,edukasi, history,Informasi, Promosi, Rekreasi, Religi. Koreksi dan evaluasi sangat dinanti untuk kualitas tinggi.

1 komentar:

  1. mantep wkwkwkwk. bagus btw blog nya ajarin dong pak yg saya acak-acakan :D

    ReplyDelete